Pages

Monday, December 17, 2012

VISA USA


Hi, 你好, 안녕하세요, こんにちは 

Yang aku dengar dari sana sini pembuatan visa USA itu lebih sulit dari kebanyakan visa negara lain, apalagi kalau membaca blog teman2 lain yang mengatakan hal yang sama, tambah ciut deh aku memikirkan bisa dapat atau tidak nih visanya klo aku apply. Ahhh..tapi aku coba2 aja deh nothing to lose ;) .

Aku apply online dibantu kakak ku dengan membaca step2nya di 

Hal pertama yg aku lakukan adalah browsing2, lalu siapkan foto 5x5 background putih (diwebsite sih untuk wilayah jakarta pembuatan fotonya dianjurkan ke jln Sabang, ktnya sih mereka sdh tahu & terbiasa dgn pedoman pembuatan foto u/visa USA, tapi karena domisili ku bukan Jakarta aku tidak ke Sabang, aku pergi ke tempat foto yang didekat rumah saja. Tempat foto pertama yang aku datangi tidak bisa/tidak tahu/belum pernah membuat foto u/keperluan visa USA, lalu aku datangi tempat foto yang lain dan ternyata mereka bisa. Biaya pembuatan foto Rp 38.000 (2 pcs, pagi foto - sore sudah bisa diambil).

Kalau kata atasan ku daripada salah isi form onlinenya lebih baik membayar orang saja untuk mengisinya, kita tinggal menyiapkan data2 yang diperlukan saja dan kalau tdk salah biayanya Rp 100.000an (form online hrs kita isi dengan benar jgn asal2an), tetapi kakak ku ingin mencoba sendiri, akhirnya kami apply online sendiri dengan mengikuti step2 yang ada di https://ceac.state.gov/genniv/. Ternyata tidak susah koq, lagipula kita bisa save dulu data2 yang sudah kita isi jadi kalau kita ingin melanjutkan pengisiannya untuk nanti msh bisa. Kalau kita sudah merasa data2 yg diisi sudah benar baru deh kita submit. Klo sudah submit tidak bisa diubah2 lagi. Jadi pastikan sebelum submit semua data yg kita isi sdh benar. Dan jangan lupa apa yang kita isi harus sama jawabannya pada saat kita interview (klo kebetulan mereka menanyakan hal yg sama dgn data yg telah kita submit).

Ingat ya, klo sebelumnya sudah pernah mengajukan visa dan ditolak harus diisi diform dengan jujur krn kantor imigrasi mempunyai data2 klo kita sdh pernah ditolak.

Aku submit visa online akhir november dan membuat jadwal interview untuk tgl 10 desember.

Pada saat pergi interview sebaiknya tidak usah membawa mobil krn tdk ada tempat parkir (kalau mau numpang parkir digedung lain sih bisa jg), tidak usah membawa teman karena nunggu didepan kedutaan saja pasti disuruh pergi oleh petugas2 yg menjaga daerah tsb.

Data2 yg aku bawa ke kedutaan:
KTP, NPWP, buku tabungan, surat referensi bank, rekening koran 3 bln terakhir, surat referensi kerja, kartu nama, slip gaji klo ada, Ijasah Sekolah, Ijasah Kuliah. Pokoknya aku bawa aja semua yang ada. Oiya bukti pembayaran visa & jadwal interview HARUS dibawa (pembayaran visa US$ 160 via permata bank / standard chartered ).

1. Di depan gerbang kedutaan passport & jadwal interview kita dicek apakah benar kita ada interview hari itu.
2. setelah itu kita masuk keruangan detector (wkt itu aku sempat ditahan sebentar krn mesin detector mendeteksi ada benda tajam ditas, setelah dicek itu adalah kunci rumah yg ada gantungan besinya..hahahahaha...bikin panik aja nih). Semua barang electronic tidak bisa dibawa masuk hrs dititipkan, jgn khawatir aman koq penitipannya.
3. lalu ke ruangan selanjutnya yg ternyata tembus ke lapangan basket disitu sudah ada antrian panjang org2 yg ingin membuat visa [...hmmm jadi penasaran jam brp ya mrk sampai ke kedutaan sampai antriannya panjang gitu jgn2 jam 1/2 6 sdh pd sampai ;-) ] , sewaktu mengantri data2 kita dicek kembali oleh petugas (semuanya yg cek petugas indonesia), mereka mengecek apakah foto kita sdh sesuai apa blm, cek passport, n cek lain2. Walaupun antriannya panjang tapi cepat & tdk lama kita nunggunya. Setelah sampai giliran saya diloket, passport saya diminta dan ditanya2 sedikit oleh petugas dibalik kaca buram (sampai2 saya tdk jelas melihat wajah petugas tsb) lalu setelah selesai ditanya2 saya mendapat nomer group. 
NB: klo kita apply visanya beberapa org (misalkan bersama org tua yg tdk mengerti) biar ga kepencar2, kita langsung maju keloket bersama2 terus bilang aja klo kita barengan applynya. nanti pasti akan dikasih nomer group yg sama.

3. setelah dpt no group saya pergi lagi ke ruang tunggu yg berisi banyak loket2 (seingat saya ada lebih dari 9 loket) dan semua tempat duduk sudah full. Padahal loket baru akan dibuka jam 8. Krn sudah tidak ada tmpt ddk saya duduk diluar saja (diluar ada jual minuman n snack), jangan khawatir kalau loket sudah dibuka n wktnya nomer group kita sudah mendekati giliran, petugas akan memanggil lewat microphone.

"Group 8 ke loket 1, wahhh..itu berarti giliran saya. Ternyata panggilan ini untuk pengambilan sidik jari yang semua petugasnya adalah orang asing.

Setelah selesai pengambilan sidik jari, kita duduk lagi sambil menunggu dipanggil kembali untuk interview oleh petugas imigrasi asing (kalau tdk bisa bhs inggris pakai bhs indonesia saja, mereka bisa koq bhs indonesia walaupun pelo pelo bhs indonesianya..hehehehehe).

"Group 8 ke loket 8....sampai jg giliran saya diinterview. Untung yg interview saya perempuan pk kacamata orgnya ramah. Pertanyaan yg diajukan (semua dalam bahasa inggris) :
        1. mau apa kamu ke amerika?
        2. amerikanya dimana?
        3. brp lama kamu kesana?
        4. perginya sama siapa?
        5. punya kenalan atau tidak disana?
           
(yg saya tau, semua org yg ingin berkunjung ke USA dianggap  ALIEN, apalagi MUNGKIN record kita sebagai pemegang passport RI kurang bagus dimata mereka. Secara kita banyak teroris, suka rusuh, suka over stay dll. Banyak yg menyangka klo punya kenalan disana akan lebih mudah mendapatkan visa USA, ada juga yg menyangka klo ada surat referensi dari kenalan org asing/keluarga yg tinggal disana akan mudah mendapatkan bisa, well...JANGAN HARAP klo punya kenalan & punya surat jaminan gampang dpt visa. Kecuali yg menjamin kita tsb benar2 org2 yg dimata mereka benar2 terpercaya. Halooooo yg menjamin kita itu siapa?! Obama? klo Obama pst langsung tembus tuh visa, klo yg penjamin org biasa..walah jgn harap deh.
          
        6. boleh saya lihat buku tabungan mu? (buku tabungan saya dicek bolak balik)
        7. kamu msh tinggal bersama org tua? sudah menikah? sudah punya pacar?
       
data2 saya yang lain tidak diminta sama sekali hanya buku tabungan saja yg dilihat, sampai2 saya sendiri yg proaktif menyodorkan surat referensi krj & rek koran. Pokoknya yg penting kita bisa meyakinkan mereka klo kita kesana itu nggak akan neko2 (misalkan jd imigran gelap, visanya visitor tapi disana malah kerja, dll).

Lalu congratulation your application for a U.S visa is approved, you will receive it within 2-4 business days. saya dikasih kertas berwarna putih yg menandakan klo pengajuan visa saya disetujui. Saya lihat ada juga org yg mendapat warna kuning artinya perlu proses admin lagi. Kalau dpt kertas warna merah muda berarti visa kamu ditolak. Warna Biru isi aplikasinya tdk lengkap, Warna Hijau diminta informasi tambahan lagi.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengambil barang titipan kita ya.

Hari Rabu, tgl 12 saya mendapat SMS "Document ready for pickup", tetapi krn pd wkt pengisian online saya minta jika visa disetujui saya mau HOME DELIVERY bukan PICKUP maka passport saya yg berisi visa langsung dikirim ke rumah oleh kurir RPX. Visa saya terima tgl 12-12-12. Dan visa berlaku untuk 5 tahun. Worth it lah dengan USD 160.


-THE END-


p(^_^)q










No comments:

Post a Comment